Selasa, 09 April 2013

Swing Dan AWT (JAVA)

Catatan kali ini akan membahas tentang GUI Swing dan AWT pada Java.

Di dalam java terdapat dua paket yang dapat kita gunakan untuk pengembangan program-program Graphical User Interface (GUI). Dua paket GUI tersebut adalah SWING & AWT

Pengertian AWT
Abstract Windowing Toolkit (AWT), atau disebut juga “Another Windowing Toolkit”, adalah pustaka windowing bertujuan umum dan multiplatform serta menyediakan sejumlah kelas untuk membuat GUI di Java. Dengan AWT, dapat membuat window, menggambar, manipulasi gambar, dan komponen seperti Button, Scrollbar, Checkbox, TextField, dan menu pull-down.

Windows Classes Fundamental AWT : 

Class AWT
Deskripsi
Komponen
Abstract Class untuk object yang dapat ditampilkan pada console dan berinterikasi dengan user. Bagian utama dari semua Class AWT.
Kontainer
Abstract Class dari semua class. Sebuah komponen yang dapat menampung komponen lainnya.
Panel
Turunan Container Class. Sebuah frame atau window tanpa title bar, menubar tidak termasuk border. Superclass dari aplet class.
Window
Turunan dari Container Class. Top level window, dimana berarti tidak bisa dimasukkan dalam object yang lainnya. Tidak memiliki border dan menubar.
Frame
Turunan dari window class. Window dengan judul, menubar, border dan pengatur ukuran di pojok. Memiliki empat constructor, dua diantaranya memiliki penulisan seperti dibawah ini :
Frame()
Frame(String title)


Pengertian SWING
Secara garis besar Swing merupakan perbaikan kelemahan di AWT. Banyak kelas swing menyediakan komponen alternatif terhadap AWT. Dengan Java Swing kita dapat membuat user interface yang cross platform atau OS independent. Artinya user interface yang kita buat dapat dijalankan pada system operasi apa saja (OS yang suport Java) dengan tampilan yang relative sama. 
Contohnya kelas JButton swing menyediakan fungsionalitas lebih banyak dibanding kelas Button. Selain itu komponen swing umumnya diawali dengan huruf “J”, misalnya JButton, JTextField, JFrame, JLabel, JTextArea, JPanel, dan sebagainya. Teknologi swing menggunakan dan memperluas gagasan-gagasan AWT. Sementara, penggunaan komponen Swing ditandai dengan adanya instruksi : import javax.swing.*;

1 komentar: