Kamis, 13 Juni 2013

Pengantar MySQL

MySQL merupakan sebuah server database SQL atau DBMS yang multiuser, multithread yang bersifat open source di bawah lisensi GNU General Public Licenci (GPL) dan mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunanya tidak cocok dengan pengguna GPL.

Karena sifatnya yang Open Source maka MySQL dapat dipergunakan dan didistribusikan untuk kepentingan individu maupun corporate tanpa memerlukan lisensi dari pembuatnya. MySQL dapat dijalankan dalam berbagai platfom system operasi antara lain Windows, Linux, Unix, Sun OS dan lain-lain

MySQL dikembangkan oleh Michael Windenius yang di sebut Monty dengan berlandaskan pada aplikasi Unired dan Rutim Isam yang dibuatnya sendiri. Padan bulan Mei 1996 MySQL versi 1.0 berhasil diliris secara terbatas dan barulah pada bulan Oktober pada tahun yang sama versi 3.11.0 dilepas ke public, namun belum dibawah lisensi GPL (General Public Licentse), melainkan linsensi khusus yang intinya source code MySQL dapat dilihat dan gratis. Pada bulan juni 2000 MySQL AB mengumumkan bahwa sejak versi 3.23.19 MySQL merupakan Software database yang berlisensi GPL.

MySQL sangat popular, utamanya untuk aplikasi web. MySQL merupakan komponen database “M” yang ada pada LAMP, WAMP, MAMP, XAMP, BAMP dan digunakan di tool bugtracking seperti Bugzilla.

Kelebihan dan Keuntungan Memilih MySQL
Dalam memilih system manajemen database perlu diperhitungkan apa yang paling penting untuk Anda? Apakah performa, support, fitur-fitur SQL, kondisi keamanan dalam license atau masalah harga.
Dengan pertimbangan-pertimbangan demikian, database MySQL memenuhi kriteria tersebut dan memiliki beberapa kelebihan, keuntungan dibandingkan database lainnya seperti:
  1. Portability
  2. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Unix, Sun OS dan masih banyak lagi.
  3. Open Source
  4. MySQL didistribusikan oleh pembuatnya secara open source dibawah lisensi General Public Licentse sehingga dapat digiunakan secara bebas perindividu ataupun berkelompok.
  5. Multiuser  
  6. MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik dan tidak harus menunggu yang lain untuk mengakses database
  7. Permance Tuning 
  8. Memiliki kecepatan yang luar biasa dalam menangani query sederhana dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  9. Column Types 
  10. MySQl Memiliki type kolom yang kompleks, seperti char, varchar, integer, float, double, text, blob, date, time, datatime, yeart dan masih banyak lagi.
  11. Command and Functions 
  12. MySQL mempunyai operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah select dan Where dalam query
  13. Security 
  14. MySQL memiliki beberapa lipisan keamanan seperti level subnetmask, nama host dan izin akses user dengan system perizinan mendetail seperti password
  15. Scalability and Limits
  16. MySQL dapat dan mampu menangani database dalam skala besar dengan jumlah recods lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliyar baris.
  17. Connecttivity
  18. MySQL Dapat melakukan koneksi client dengan mengunakan protocol TCP/IP
  19. Localisation
  20. MySQL dapat berintraksi pesan keslaahn padaclient dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa.
  21. Interface
  22. MySQL memiliki antar muka terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Apllication Programming Interface).
  23. Client and tools
  24. MySQL dilengkapi dengan berbagai tools yang dapat digunakan untuk administrasi database dan memiliki petunjuk online.
  25. Struktur table
  26. MySQL memiliki struktur yang lebih fleksibel dan dapat menangani ALTER TABLE di bandingkan database lainnya.
Perbandingan Memori Database MySQL Dengan Database Lain
Pada setiap database memiliki batasan-batasan penampungan data yang berbeda-beda pada memori databaasenya. Berikut beberapa contoh perbandingan batasan-batasan penampungan data pada memori MySQL dengan database yang lain:

Perbandingan database MySQL dengan database lainnya
Database
Ukuran DB Max
Oracle
Tak terbatas (4GB * Ukuran blok pertablespace)
MySQL
Tak terbatas
PostgreSQL
Tak Terbatas
Microsoft Access
2 GB
Microsoft Visual Foxpro
2 GB
Microsort SQL Server
524.258 (32.767 file * 16 TB ukuran File maksimal)

Demikian artikel tentang Pengantar MySQL. Walaupun artikel ini sederhana, tapi mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terimakasih

Semoga Bermanfaat & Sukses

0 komentar:

Posting Komentar