Sabtu, 27 Juli 2013

Cara Mengaktifkan Hibernate Windows 8

Bagi yang masih awam, Saya bahas sekilas tentang hibernate.
Hibernate adalah salah satu mode dalam manajemen power dimana dalam status ini komputer akan menyimpan isi memory ke dalam harddisk untuk kemudian supply power ke komponen-komponen tertentu diputus sehingga konsumsi power dapat diminimalkan.
Hibernate hampir sama dengan mode Standby, hanya saja hibernate lebih sedikit mengkonsumsi power dikarenakan dalam kondisi ini komputer tidak perlu mensupply RAM, tentunya dengan konsekuensi waktu pengaktifannya (wakeup) lebih lama dibandingkan apabila aktif dari status standby. Lebih detailnya klik disini Pengertian Hibernate dan Manfaatnya.
Setiap pengguna laptop pasti tau hibernate. nah untuk windows 8 ini mirip windows XP yakni mode hibernate masih di disable menu-nya (NOTE: menu-nya) walaupun mode hibernate ini sudah bisa langsung digunakan jika sudah di set untuk power button jika di klik akan hibernate (sekalipun hibernate tidak muncul di menu power off).

Untuk menggunakan menu hibernate di windows 8 ada beberapa langkah yang harus dilakukan, berikut cara mengeluarkan menu Hibernate : 
  1. Buka Control panel, lalu Pilih Power Option. Bisa juga dengan melakukan klik pada icon baterai dikanan bawah lalu klik “more power option”
  2. Klik tulisan “Choose What The Power Button Do” di menu sebelah kiri.
  3. Klik tulisan “Change settings that are currently unavailable” pada bagian atas.
  4. Setelah itu perhatikan pada pilihan dibawah, akan ada pilihan “Show Hibernate“. Silahkan beri tanda centang “Show Hibernate” untuk mengaktifkan. 
  5. Klik Save Change.
Demikian artikel tentang bagaimana Cara Mengaktifkan Hibernate di Windows 8. Walaupun artikel ini sederhana, tapi mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terimakasih
nb : klik gambar untuk memperbesar gambar

Selamat Mencoba & Semoga Sukses

0 komentar:

Posting Komentar