Jumat, 23 Desember 2016

Membuat Program Konversi Suhu dengan Java Swing menggunakan NetBeans - Tahap 1 : Project & Package

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba membuat program atau aplikasi konversi suhu dengan menggunakan java swing, yang inshaallah akan saya tulis step by step hingga menjadi satu aplikasi seperti gambar dibawah ini.


Langsung saja.
Pertama kita bikin project java appliaction, disini saya menggunakan NetBeans sebagai IDE untuk membuat program tersebut.
  1. Klik File -> New Progject
  2. Pilih Java -> Java Aplication
  3. Tuliskan nama project anda, contoh saya kasih nama project "Konversi Suhu"
  4. Checkbox main class jangan dicentang (biasanya default tercentang), lebih jelasnya silahkan gambar dibawah ini.
  5. Finish
Setelah bikin project aplikasi telah berhasil. Pertama buat package terlebih dahulu agar file java yang akan dibuat nantinya tidak campur aduk, sehingga lebih nyaman memilahnya dikala ada error terjadi.
Ok disini package saya berinama com.ftijember.konversi.



Aturan membuat nama package pada umumnya :
(domain).(nama_domain).(nama_project).
Langkah selanjutnya membuat file Main.java pada package yang telah dibuat tadi, caranya klik kanan pada package (yang akan ditambahkan) pilih New -> Java Class. jika tidak ada pada pilihan klik Other maka akan muncul dialog dengan banyak pilihan tipe.

0 komentar:

Posting Komentar