Jumat, 23 Desember 2016

Membuat Program Konversi Suhu dengan Java Swing menggunakan NetBeans - Tahap 4 : Implementasi Fungsi Konversi Suhu pada UI

Pada tahapan ini saya akan meng-implementasi Fungsi Konversi Suhu pada UI. Langsung saja
Klik atau pindah pada halaman design UI KonversiSuhuPanen.java 
Pada JButton atau tombol konversi saya kasih aksi atau event, jika diklik tombol tersebut memberikan reaksi sebagaimana mestinya tombol diberi fungsi untuk mengkonversi nilai suhu.
Caranya Klik kanan pada tombol (yang diberi aksi) -> pilih Events -> Action -> actionPerformed.  
Add events action perfomed pada tombol konversi
Maka nantinya akan diarahkan pada tab source code dimana saya akan mengimplementasikan fungsi konversi suhu.
Tempat source code dikettikan ketika tombol di klik
Langkah pertama yaitu ambil nilai suhu awal dari inputan user yaitu JTextField_SuhuAwal.
SourceCode mengambil nilai inputan user pada JTextField

*Keterangan :
  • Pada kode diatas terdapat fungsi Double.parseDouble yang berfungsi untuk mengkoversi Tipe Data String menjadi Tipe Data Double (agar dapat dihitung)
  • JTextField_SuhuAwal.getText() fungsi getText() merupakan fungsi yang digunakan mengambil nilai dari inputan user pada JTextField
  • JTextField_SuhuAwal.getText().toString() berfungsi untuk men-casting atau mengkonversi dari object menjadi tipe data string. fungsi memastikan bahwasanya yang akan di konversi oleh fungsi Double.parseDouble benar-benar tipe data String (Object tidak bisa).
Selanjutnya mengambil jenis suhu awal dan jenis suhu tujuan konversi.
Mengambil jenis suhu awal dan jenis suhu tujuan konversi dari JComboBox
*Keterangan :
  •  Pada kode diatas terdapat fungsi getSelectedItem() yang terdapat pada JComboBox di kedua JenisSuhu. fungsi ini digunakan untuk mengambil nilai pada JComboBox yang dipilih user atau terseleksi. nilai kembalian merupakan nilai object maka dari itu butuh fungsi toString() agar menjadi tipe data String.

Terakhir buat logika konversi dari suhu awal ke tujuan suhu konversi, logika ini bisa diproses dari jenis_suhu_awal dan jenis_suhu_konversi yang didapat JComboBox_JenisSuhu...
Source Code Lengkap koversi suhu
*Keterangan :
  • variable double hasil = 0.0; berfungsi sebagai penampung hasil perhitungan konversi yang didapat dari fungsi getter yang telah dibuat (pada tahap 3).
  • jenis_suhu_awal.equalsIgnoreCase("Celsius"), pada bagian terdapat fungsi equalsIgnoreCase("") fungsi adalah bawaan dari java yang berguna untuk mengecek apakah nilai dari jenis_suhu_awal (String) sama dengan "Celcius"? dengan mengabaikan besar kecilnya huruf pada String tersebut.
  • Logika if yang terdapat pada source diatas itu berbunyi sebagai pernyataan sebagai berikut "(1) apakah jenis suhu awal sama dengan celcius? dan (2) apakah jenis suhu konversi sama dengan Kelvin?" jika keduanya bernilai benar, maka source code yang ada pada scope ( tanda kurung kurawal {.....} ) akan dieksekusi. yang artinya menjalankan perintah membuat object atau instansi class dari KonversiCelcius dengan parameter SuhuAwal dan diberi nama koversi.
  • Terakhir mengambil hasil konversi yang dimasukkan pada variable hasil => hasil = konversi.getKelvin();
  • Scope Source Code else{}  akan dieksekusi jika salah satu atau kedua pernyataan diatas benilaikan salah atau false dengan menampilkan pesan bahwasanya fungsi tersebut belum tersedia
  • JOptionPane.showMessageDialog merupakan salah satu dialog bawaan JavaSwing yang bisa digunakan sebagai message box atau menyampaikan suatu informasi kepada user.


Sampai disini selesai tahapan untuk implementasi fungsi konversi suhu.
Langkah terakhir yaitu menggabungkan JPanel dengan JFrame agar aplikasi tersebut dapat berjalan. Klik
Membuat Program Konversi Suhu dengan Java Swing menggunakan NetBeans - Tahap 5 : Menggabungkan JPanel dengan JFrame, Compile dan RUN

1 komentar: